" 10 LANGKAH MENJADI CUSTOMER SERVICE HANDAL DI WHATSAPP "

Dunia bisnis sekarang bukan hanya di pasar atau toko dalam arti secara harfiah atau biasa di sebut offline, karena sekarang kita sudah memasuki era digital maka perbisnisan saat ini lebih banyak di online. Kebanyakan bisnis dunia online mengandalkan aplikasi gratis yang banyak tersedia di apps store, salah satunya adalah media sosial dan aplikasi chatting.

Media sosial pada umumnya digunakan untuk melakukan penawaran dan pengenalan produk. Ini merupakan salah satu cara mengenalkan branding atau biasa disebut Personal Branding. Personal Branding di media sosial banyak dilakukan karena mudah serta lebih murah. Hanya bermodal akun sudah bisa berjualan online. Namun ada hal - hal yang perlu diperhatikan, antara lain adalah konten ( copywriting, story telling, video dan foto ), bahasa yang digunakan harus sopan santun dan sesuai aturan yang umumnya akan dilanjutkan di inbok atau whatsapp sebagai close deal atau CTA ( Call to Action ). Sebenarnya ada beberapa aplikasi chatting yang bisa digunakan seperti Telegram, namun saat ini Whatsapp lebih banyak digunakan dan lebih populer.

 Aplikasi chatting sering digunakan untuk CTA atau Call To Action yang artinya proses komunikasi penjual dan calon pembeli dilanjutkan setelah penawaran. Dalam proses komunikasi ini biasanya calon konsumen ingin lebih tahu secara detail tentang produk yang ditawarkan mulai dari real pic, ukuran, bahan, bahkan nego harga dan lain - lain. Di akhir proses yang terjadi adalah deal pembelian atau gagal deal, itu semua tergantung dari kemampuan customer service yang diberikan selama komunikasi berlangsung.

Ada 10 langkah yang harus diperhatikan agar komunikasi lancar dan sesuai harapan ( deal )

  1. Ucapan salam. Sebagai pembuka percakapan biasakan mengawali dengan ucapan salam. Berikan salam yang tepat dan sesuai waktu. 
  2. Gunakan bahasa yang baik dan benar sesuai EYD. Ramah dan santun adalah budaya kita.
  3. Gali keperluan calon konsumen dengan menanyakan apa yang dibutuhkannya. misal model, ukuran, warna atau keinginan khusus lainnya.
  4. Berikan solusi dengan menjawab semua pertanyaan tanpa menggurui atau memaksa konsumen untuk membeli produk kita. Hindari kalimat memaksa seperti ayo segera beli, cepat pesan, segera transfer, dan lain - lain.
  5. Berikan saran yang sesuai dengan selera konsumen dengan memberikan wawasan tren yang sedang berkembang saat itu. Berikan beberapa bukti yang bisa di cari dengan online. Hal ini diperlukan wawasan yang luas tentang produk kita dan perkembangan tren produk yang sama di luar.
  6. Berikan informasi tentang produk kita dengan jelas dan benar, jelaskan keunggulan dan jujur dengan kekurangan jika ada dibandingkan dengan produk lain sehingga konsumen tidak kecewa.
  7. Ada kalanya kita bertemu dengan konsumen yang bikin kesal, hal ini memerlukan kesabaran yang tinggi. Hindari membalas dengan ucapan kasar atau tidak sopan. Jangan sampai terpancing emosi. Jika tidak tahan Anda bisa 'berhenti' sejenak membalas chat dan lakukan hal lain untuk 'mendinginkan' suasana. Saat Anda merasa sudah siap menghadapi konsumen, segera beri jawaban dan penjelasan yang masuk akal terkait produk Anda. 
  8. Bercanda boleh saja, pastikan lawan bicara Anda memahami candaan yang Anda lemparkan. Jangan berlebihan atau melanggar SARA maupun politik. Ada baiknya menggunakan fasilitas emoticon yang ada di aplikasi agar konsumen tahu bahwa Anda sedang bercanda.
  9. Berikan jaminan mutu dan kualitas produk yang Anda jual. Pastikan konsumen nyaman dan aman saat memutuskan membeli produk Anda. Misal dengan memberikan progress report selama pengerjaan.
  10. Terakhir, tutup percakapan dengan salam dan ucapan terimakasih terlepas terjadi deal atau tidak. Hal ini merupakan nilai lebih agar konsumen merasa diperhatikan dan dihormati. Dan bisa jadi konsumen akan kembali menghubungi karena sudah nyaman selama percakapan terjadi. 
Demikian 10 hal yang bisa dilakukan untuk menjadi customer service yang baik dan handal di aplikasi percakapan. Selama kita melayani percakapan dengan sopan dan santun maka orang lain juga akan melakukan hal serupa.



 Selamat menjadi pembisnis ☺

Komentar

Postingan Populer