" STORYTELLING "

Beberapa waktu lalu saya mengikuti sebuah seminar tentang storytelling yang diadakan kerjasama oleh Bekraf dan Tempo Institute. Seminar yang diadakan selama 3 hari tersebut mengulas tentang pentingnya sebuah storytelling produk dalam bisnis.

Pada awalnya storytelling di gunakan di dunia literasi untuk mendongeng atau bercerita. Namun dengan berkembangnya bisnis online di media sosial dan IT, saat ini storytelling banyak digunakan untuk mendeskripsikan sebuah produk. Hal ini bertujuan untuk membentuk ikatan emosional pembaca terhadap produk. Sehingga pembaca tertarik untuk membeli. Ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang sedang tren dikalangan pebisnis.

Bentuk dari storytelling ada macam - macam, antara lain :
1. Tulisan
2. Audio - video
3. Multimedia
4. Poster, gambar dan lain - lain
Semua media dapat di gunakan tergantung dari strategi ( pemasaran ), akan disebarkan dimana dan siapa targetnya.

Kekuatan storytelling pada pembaca adalah agar orang bisa belajar dari cerita yang kita sampaikan. Dengan memudahkan konsep yang susah dipahami dan rumit, seperti cerita yang dapat menyatukan banyak orang untuk bergerak atau beraksi. Cerita yang menggerakkan emosi, menginsipari dan memotivasi untuk sebuah perubahan.

Bayangkan jika bisa membuat sebuah storytelling dengan kekuatan sebesar itu pada produk kita, akan seperti apakah sukses bisnis yang dicapai? Sangat menarik untuk di pelajari dan di coba kan ? Jangan takut untuk belajar hal baru jika yakin hal tersebut akan berdampak positif.







Komentar

Postingan Populer